Senin, 28 April 2008

Enon Nie-chan belajar boso londo inggris.

Transitive verbs can be performed by adding the prefix me- and the suffix –kan to transitive and intransitive verbs,adjectives,and nouns.

1. me- + a transitive verbs +- kan + an indirect object + a direct object.
Beli (to buy) == mem+beli+kan = membelikan (to buy for..)
**saya membeli kue untuk ibu = I bought a cake for mother
==== saya membelikan ibu kue = I bought mother a cake
** kantor membeli rumah untuk anda = the office bought a house for you
==== kantor membelikan anda rumah = the office bought you a house

Now please do the exercises below exactly the same like the examples above.

1. jual =
ibu menjual rumah untuk saya
ibu menjualkan saya rumah

2. buka =
saya membuka pintu untuk tamu
saya membukakan tamu pintu

3. bersih =
saya sudah membersihkan kamar tadi pagi

4. masak=
-
-
5. temu =
-

6. lahir=
-

Ter- + a transitive/intransitive verb = unintentionally,involuntary,sudden act.

** bawa (to bring) = terbawa ( to be taken by..)
dia membawa tas saya = he took my bag
tas saya terbawa olehnya = he took my bag by mistake


**tidur (to sleep) = tertidur ( to fall asleep)
saya tidur di atas sofa = a sleep on the couch
saya tertidur sewaktu melihat tv = I fall asleep while I watch the tv.


1. minum =

2. makan =

3. tarik =

4. buka =

5. jatuh =

6. bangun =

7. lambat =

8. lihat =

9. buru-buru =

10. dengar =

choose the correct words from between the brackets.
1.barang ini (terbuat,terbawa,tertutup) dari apa?
2. maaf, mobil anda (termakan,terjual,terbeli) oleh saya.
3. uang ibu (terpakai,terbuat,terbeli) oleh adik.
4. saya (terbangun,tertidur,termakan0 ketika melihat teve.


Orang yang sedang menelepon itu adalah ayah saya.karena hari ini hari minggu,ayah tidak pergi ke kantor.setelah bangun pago,kadang-kadang ayah jalan pagi kira-kira 30 menit.kemudian pulang ke rumah,lalu menggosok gigi dan mandi.ayah suka membaca Koran sambil minum kopi panas di ruang tamu.ayahku tidak merokok.dulu ayak perokok berat.
Sekitar jam 7,saya membersihkan kamar dan membantu ibu di dapur.kami selalu makan pagi bersama-sama di ruang makan.ayah makan dengan tangan dan saya makan dengan sendok. Pada waktu makan, kami selalu cerita tentang macam-macam hal.oleh karena itu,kami selalu selesai makan setelah jam 9.selama makan,adik perempuan saya suka menyanyi di depan kami.
Sesudah makan,saya melihat tv sambil membaca majalah.kadang-kadang saya membantu adik mengerjakan PR nya.
Malam ini saya harus menulis surat untuk sahabat saya di Surabaya.minggu lalu, saya menerima surat darinya.akhir-akhir ini saya sibuk sekali dan tidak ada waktu untuk membalas suratnya segera.














** Rumah besar == big house
***Rumah besar itu mahal = = that big house is expensive
****Rumah besar itu punya saya  that big house is mine
OR
****Rumah yang besar itu punya saya  that big house is mine

PLEASE MAKE THE SAME SENTENCE LIKE THE SENTENCES ABOVE
1. Sepatu baru (murah),(punya ayah).
-
-
-
2. Komputer lama (sangat murah),(punya kantor)
-
-
-
3. kopi mahal (pahit),(punya anda).
-
-
-
4. Jam swacth (sangat mahal),(punya saya)
-
-
-
5. Anak perempuan (cantik),(anak teman saya)
-
-
-
** Roti itu tidak enak ==== that bread is not delicious
***Kemarin saya makan roti ==== yesterday I ate bread
*** Roti yang saya makan kemarin tidak enak
==== the bread that I ate yesterday wasn’t delicious
PLEASE MAKE THE SAME SENTENE LIKE THE SENTENCES ABOVE
1. Buku ini mahal (beli),(tadi pagi).
-
-
2. Perempuan itu kakak saya (berdiri),(di depan saya)
-
-
3. laki –laki itu bos saya (duduk),(di dalam ruangan itu)
-
-
4. Sepatu itu merek next (ada),(di rak)
-
-
5. Orang itu teman sekantor saya (belanja),(di took itu)
-
-




By attaching a prefix or suffix,certain verb roots can function as nouns.
1. pe-or its inflected+a verb root indicates the title of a person who Performs a particular action, or an instrument with which an action is performed.
Tulis (to write) == penulis (writer)
Baca (read) == pembaca (reader)
Beli (to buy) == pembeli (buyer)
Jual (to sell) == penjual (seller)
2. verb + an denotes an objects or the results of an action.
Makan ( to eat) == makanan (food)
Minum (to drink) == minuman (drink)
Pesan (to order) == pesanan (oder)
Pilih ( to hoose) == pilihan (choice,seletion)
Jawab (to answer) == jawaban (answer)

Translate the following conversation into Indonesian language
A : The person that is talking with her is very tall,isn’t he?
B : Yes,he is
A : Where is he from?
B : He is from Flores.
A : I saw him at the pool yesterday.
B : I see. He likes swimming.
A : Yes.Does he live here?
B : Yes, his house is right in front of my house.
A: How long has he been staying there?
B : I think he just moved a week ago. I saw him when he park his car beside my car.
A : oh, I see.

Tidak ada komentar: