Kamis, 24 Januari 2008

Majas bahasa Indonesia

Antanaklasis adalah salah satu majas dalam Bahasa Indonesia. Antanaklasis adalah majas yang menunjukkan pengulangan kata yang sama tetapi memiliki makna yang berbeda. Contoh:
Engkau dijual engkau dibaca

Elipsis adalah salah satu jenis majas dalam Bahasa Indonesia. Elipsis adalah majas yang menghilangkan sebagian kata-kata atau kalimatnya. Majas tersebut sering digunakan dalam karya sastra berbentuk puisi. Contoh:
Oh...

Simile adalah salah satu majas dalam Bahasa Indonesia. Simile adalah majas yang mengungkapkan ungkapan secara tidak langsung. Contoh:
Engkau yang kusayangi buku

Metafora adalah salah satu majas dalam Bahasa Indonesia, dan juga berbagai bahasa lainnya.
Metafora adalah majas yang mengungkapkan ungkapan secara langsung. Contoh:
Engkau belahan jantung hatiku sayangku

Paralelisme adalah salah satu jenis majas dalam Bahasa Indonesia. Paralelisme adalah majas yang mengulang kata di setiap baris yang sama dalam satu bait. Contoh:
Kau berkertas putih
Kau bertinta hitam
Kau beratus halaman
Kau bersampul rapi

Personifikasi adalah salah satu majas dalam Bahasa Indonesia. Personifikasi adalah majas yang menganggap benda sebagai manusia. Contoh:
Saat ku melihat rembulan, dia seperti tersenyum kepadaku seakan-akan aku merayunya

Sarkasme adalah suatu majas yang dimaksudkan untuk menyindir, atau menyinggung seseorang atau sesuatu. Sarkasme dapat berupa penghinaan yang mengekspresikan rasa kesal dan marah dengan menggunakan kata-kata kasar. Majas ini dapat melukai perasaan atau hati seseorang.
Biasanya sarkasme digunakan dalam konteks humor.Contoh
• Soal semudah ini saja tidak bisa dikerjakan. Goblok kau!

Litotes adalah salah satu jenis majas dalam Bahasa Indonesia. Litotes adalah majas yang mengungkapkan perkataan dengan rendah hati dan lemah lembut. Biasanya hal ini dicapai dengan menyangkal lawan daripada hal yang ingin diungkapkan. Contoh:
Akan kutunggu kehadiranmu di bilikku yang kumuh di desa
Wanita itu parasnya tidak jelek

Ironi adalah salah satu jenis majas dalam Bahasa Indonesia. Ironi adalah majas yang mengungkapkan sindiran halus. Contoh:
Kota Bandung sangatlah indah dengan sampah-sampahnya

Aliterasi adalah salah satu jenis majas dalam Bahasa Indonesia. Aliterasi adalah majas yang memanfaatkan kata permulaannya sama bunyi.
Contoh:
Dengar Daku Dadaku Disapu

Pars pro toto adalah majas yang digunakan sebagian unsur untuk seluruh
Contoh
Sekolah kami memenagkan lomba fisika,padahal yang menang hanya si Andi

Asyndeton adalah majas yang mengulang kata dalam sebuah kalimat tanpa kata penghubung untuk menegaskan sesuatu yang telah dilakukan berkali - kali.
Contoh :
Berusaha, berusaha, terus berusaha, namun mana hasilnya ?

Alusio adalah majas perbandingan yang menggunakan berbagai kata kiasan, peribahasa yang sudah lazim didengar semua orang.
Contoh penggunaan :
Sudah dua hari ia tidak terlihat batang hidungnya.

Tidak ada komentar: