Rabu, 07 November 2007

Rilis Berita

Nama : Sapta Prasetya
Fakultas : Ilmu Komunikasi
NPM : 998568860182
Univ. : Universitas Jakarta
Mata Kuliah : Media Relation (Membuat Rilis)

Usia 18 tahun WNI Tolak Wamil,Terancam Sanksi Pidana

Jkt, Setiap Warga Negara Indonesia usia 18 tahun tanpa terkecuali harus mengikuti Wajib Militer,mereka akan menjalani masa bakti selama 5 tahun dan bisa saja diperpanjang secara sukarela paling lama lima tahun lagi atau hingga usia 58 tahun.
Mengutip harian “Kompas” versi 9 Oktober 2006 dalam RUU,Setiap orang yang ditunjuk akan dilatih dasar-dasar kemiliteran(Pasal 8 ayat 3),yang dalam kondisi perang statusnya menjadi kombatan(Pasal 32).Setiap tahun ditetapkan masa dinas aktif anggota komponen cadangan maksimal 30 hari untuk mengikuti berbagai pembinaan dan latihan mulai dari perorangan,dalam satuan,antarsatuan,antarmatra,dan latihan gabungan(Pasal 29).
Sanksi pidana bagi perorangan,pimpinan kelembagaan negeri atau swasta,atau pemilik SDA,SDB,dan sarana-parasarana;adalah ancaman penjara,mulai dari satu hingga dua tahun(Pasal 42-46).Sanksi pidana dijatuhkan kepada mereka yang mankir, berbohong,dan atau menolak penugasan tanpa alasan sah atau bahkan memengaruhi orang lain untuk melakukan hal diatas.
Menurut Kepala Staf TNI AD,Jendral Djoko Santoso di Magelang,Jawa Tengah, TNI AD mendukung RUU komponen cadangan.Jika memang diperlukan,TNI AD juga siap melatih warga sipil yang akan menjadi kombatan.RUU Komponen Cadangan merupakan upaya guna menata system pertahanan keamanan Indonesia yang menganut system pertahanan rakyat semesta,demikian Djoko.
Masalah yang kita hadapi sekarang adalah bagaimana menanamkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk turut serta menjalankan program Wajib Militer tanpa harus ada kesan terpaksa karena adanya landasan UU.Hal yang tak kalah lebih penting adalah sanggupkah pemerintah kita menyiapkan dana selama Wajib Militer berlangsung. Suksesnya program ini harus diimbangi dengan berbagai factor yang mendukung, baik dari sektor dana dan mental Warga Negara Indonesia yang berjiwa patriotisme serta rasa cinta tanah air.

Tidak ada komentar: