Kamis, 08 November 2007

JUDUL TESIS

ALASAN PENGAMBILAN JUDUL TESIS

Karena saya ingin mengetahui seberapa jauh pengaruh hubungan pelatihan dan kepemimpinan dengan kinerja pelayanan .

Karena perusahaan asuransi adalah perusahana jasa jadi kinerja pelayanan sangat berpengaruh dalam meningkatkan produktifitas perusahaan.

Apabila kinerja pelayanan meningkat dapat dipastikan bahwa perusahaan akan mengalami peningkatan pendapatan.













Identifikasi Masalah
1. Metode pelatihan yang diterapkan sulit dipahami oleh peserta pelatihan.
2. Pimpinan dalam mengarahkan/membimbing bawahannya terlalu bersifat otoriter.
3. Lemahnya kompetensi yang dimiliki pegawai sehingga memperlambat pekerjaan dan tidak tercapainya target perusahaan serta tidak maksimalnya pelayanan yang dilakukan.
4. Pegawai belum disiplin dalam melaksanakan pekerjaannya seperti tidak tepat waktu, memberi janji dan tidak ditepati, sering tidak ada ditempat dan datang terlambat.
5. Lingkungan kerja yang tidak nyaman dan sarana prasarana yang tidak lengkap, sehingga tidak mendukung pegawai dalam bekerja.
6. Kinerja pelayanan yang lemah oleh karena banyaknya permasalahan masyarakat dimonopoli, sehingga hasil kurang masksimal dan masyarakatnya menjadi apatis.




Perumusan Masalah
1. Apakah terdapat hubungan pelatihan dengan kinerja pelayanan pada PT. Asuransi Bulan Tbk ?
2. Apakah terdapat hubungan kepemimpinan dengan kinerja pelayanan pada PT. Asuransi Bulan Tbk ?
3. Apakah terdapat hubungan pelatihan dan kepemimpinan secara bersama-sama dengan kinerja pelayanan pada PT. Asuransi Bulan Tbk ?

Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui hubungan pelatihan dengan kinerja pelayanan pada PT. Asuransi Bulan Tbk.
2. Untuk mengetahui hubungan kepemimpinan dengan kinerja pelayanan pada PT. Asuransi Bulan Tbk.
3. Untuk mengetahui hubungan pelatihan dan kepemimpinan secara bersama-sama dengan kinerja pelayanan pada PT. Asuransi Bulan Tbk.



METODE PENELITIAN

Teknik Analisa Data
Analisa Koefisien Korelasi Sederhana



Analisa Koefisien Korelasi Berganda



Analisa Koefisien Determinasi
Kd = r2 x 100 %
Pengujian Hipotesis



HASIL PENELITIAN

Deskripsi Data
1. Variabel Pelatihan (X1)
a. Skor rata-rata (Mean) = 59,4000
b. Nilai tengah (Median) = 59,3750
c. Modus (Mode) = 59
d. Variansd (Variance) = 5,7959
e. Simpangan baku (Standard Deviation) = 2,4075

2. Variabel Kepemimpinan (X2)
a. Skor rata-rata (Mean) = 60,3200
b. Nilai tengah (Median) = 60,5000
c. Modus (Mode) = 62
d. Varians (Variance) = 7,7322
e. Simpangan baku (Standard Deviation) = 2,7807

3. Variabel Kinerja Pelayanan (Y)
a. Skor rata-rata (Mean) = 61,9000
b. Nilai tengah (Median) = 61,8571
c. Modus (Mode) = 61
d. Varians (Variance) = 2,7041
e. Simpangan baku (Standard Deviation) = 1,6444





Koefisien Korelasi Sederhana
Tabel 1
Koefisien Korelasi Sederhana
Sumber : SPSS Versi 11.5








Koefisien Korelasi Berganda
Tabel 2
Koefisien Korelasi Berganda
Sumber : SPSS Versi 11.5

Koefisien Determinasi Berganda
Kd = r2 x 100 %
= (0,865)2 x 100 %
= 0,748 x 100 %
= 74,8 %

Pengujian Hipotesis
1. Pengujian Hipotesis t untuk Variabel Pelatihan (X1)
thitung =
thitung =
thitung =
thitung =
thitung = 5,880
t tabel dengan  2,5 % dengan n = 50
t tabel  = 1,960


2. Pengujian Hipotesis t untuk Variabel Kepemimpinan (X2)
thitung =
thitung =
thitung =
thitung =
thitung = 7,824
t tabel dengan  2,5 % dengan n = 50
t tabel  = 1,960



3. Pengujian Hipotesis t untuk Variabel Pelatihan (X1) dan Kepemimpinan (X2) dengan Kinerja Pelayanan (Y)
thitung =
thitung =
thitung =
thitung =
thitung = 11,813
t tabel dengan  2,5 % dengan n = 50
t tabel  = 1,960



KESIMPULAN

1. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 5,880, sedangkan ttabel dengan  2,5% diperoleh ttabel sebesar 1,960. Dengan demikian thitung (5,880) > ttabel (1,960), maka Ho ditolak dan Hi diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pelatihan dengan kinerja pelayanan pada PT. Asuransi Bulan Tbk.
2. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 7,824, sedangkan ttabel dengan  2,5 % diperoleh ttabel sebesar 1,960. Dengan demikian thitung (7,824) > ttabel (1,960), maka Ho ditolak dan Hi diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan dengan kinerja pelayanan pada PT. Asuransi Bulan Tbk.
3. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 11,813, sedangkan ttabel dengan  2,5 % diperoleh ttabel sebesar 1,960. Dengan demikian thitung (11,813) > ttabel (1,960), maka Ho ditolak dan Hi diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pelatihan dan kepemimpinan secara bersama-sama dengan kinerja pelayanan pada PT. Asuransi Bulan Tbk.
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI
INTERNATIONAL GOLDEN INSTITUTE











TRANSPARANSI


ANALISIS HUBUNGAN PELATIHAN DAN KEPEMIMPINAN DENGAN KINERJA PELAYANAN
PADA PT. ASURANSI BULAN TBK


OLEH :
AMISBUDINA



SEBAGAI SALAH SATU SYARAT UNTUK MENCAPAI GELAR
MAGISTER MANAJEMEN (S-2)
2002

Tidak ada komentar: