Kamis, 08 November 2007

Abstraksi

ABSTRAK


Amisbudina : “Analisis Hubungan Pelatihan dan Kepemimpinan dengan Kinerja Pelayanan pada PT. Asuransi Bintang Tbk”.

Bagi perusahaan, nilai seperti kinerja pelayanan merupakan salah satu unsur yang penting di dalam pelaksanaan tugas sehari-hari yang harus diperhatikan oleh para pemimpin perusahaan. Tolok ukur kinerja pelayanan perusahaan publik boleh jadi berbeda dari orgnasasi swasta. Dalam banyak hal tolok ukur kinerja pelayanan perusahaan memang lebih rumit/kompleks jika dibanding dengan perusahaan swasta karena akan melibatkan komponen pembuat keputusan atau stakeholders yang lebih banyak.
Perumusan masalah : 1) Apakah terdapat hubungan pelatihan dengan kinerja pelayanan pada PT. Asuransi Bintang Tbk ? 2) Apakah terdapat hubungan kepemimpinan dengan kinerja pelayanan pada PT. Asuransi Bintang Tbk ? 3) Apakah terdapat hubungan pelatihan dan kepemimpinan secara bersama-sama dengan kinerja pelayanan pada PT. Asuransi Bintang Tbk ?
Tujuan penelitian : 1) Untuk mengetahui sejauhmana hubungan pelatihan dengan kinerja pelayanan pada PT. Asuransi Bintang Tbk, 2) Untuk mengetahui sejauhmana hubungan kepemimpinan dengan kinerja pelayanan pada PT. Asuransi Bintang Tbk, 3) Untuk mengetahui sejauhmana hubungan pelatihan dan kepemimpinan secara bersama-sama dengan kinerja pelayanan pada PT. Asuransi Bintang Tbk.
Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif analistis. Kuantitatif dalam pengertian bahwa dalam penelitian ini dilakukan pengujian statistik, khususnya untuk mengukur seberapa besar kaitan atau kekuatan pengaruh diantara variabel-variabel yang diteliti. Bersifat deskriptif analistis maksudnya bahwa penelitian ini tidak saja ingin menggambarkan secara jelas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru SMK N 32 Jakarta , tetapi juga mencoba menjelaskan pengaruh korelational diantara ketiga variabel tersebut.
Kesimpulan : 1) Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel, maka Ho ditolak dan Hi diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pelatihan dengan kinerja pelayanan pada PT. Asuransi Bintang Tbk, 2) Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel , maka Ho ditolak dan Hi diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan dengan kinerja pelayanan pada PT. Asuransi Bintang Tbk, 3) Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung lebih besar dari thitung, maka Ho ditolak dan Hi diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pelatihan dan kepemimpinan secara bersama-sama dengan kinerja pelayanan pada PT. Asuransi Bintang Tbk.
KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kami haturkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunia, sehingga tesis ini yang berjudul “Analisis Hubungan Pelatihan dan Kepemimpinan dengan Kinerja Pelayanan pada PT. Asuransi Bintang Tbk”, ini dapat kami selesaikan dengan baik. Tesis ini ditulis sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program magister manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IGI, Jakarta.
Penulis sungguh-sungguh menyadari bahwa banyak pihak yang telah turut serta dalam penyelesaian tesis ini. Sebab tanpa bantuan banyak pihak kami tidak akan dapat berbuat banyak dalam penyelesaian tesis ini. Oleh karena itu pada kesempatan ini kami ingin mengungkapkan rasa terima kasih kami yang sebesar-besarnya kepada :
1. Bapak DR. John W. Limbong, Ph. D, selaku Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IGI, Jakarta.
2. Bapak DR. John W. Limbong, Ph. D, selaku pembimbing utama yang telah mendorong penulis dalam upaya untuk menyelesaikan tesis ini.
3. Bapak DR. Ir. Purwanto, PS, MM, selaku pembimbing teknis yang telah membantu penulis dalam penyelesaian teisis ini.
4. Pihak kampus yang telah mendukung kami dengan caranya masing-masing.
5. Rekan-rekan seperjuangan yang telah turut mendukung baik secara moril dengan doa-doa dan perhatiannya maupun secara non moril.
6. Pihak PT. Asuransi Bintang Tbk yang telah membuka jalan bagi kami untuk mendapatkan data-data yang kami butuhkan

Sebagai manusia terbatas kami tidak dapat membalas jasa-jasa semua pihak yang telah mengulurkan tangan untuk membantu dan jalan bersama kami untuk mendukung. Dalam keyakinan penuh, kami hanya dapat berdoa semoga Tuhan memberikan yang terbaik pada semua pihak yang telah membantu kami.
Dalam kesadaran akan keterbatasan ini pula, kami merasa tesis ini belum sempurna, karena itu kamipun terbuka terhadap kritik dan saran yang membangun. Meskipun demikian kami berharap bahwa tesis ini dapat pula berguna untuk pihak-pihak lain yang memerlukannya.


Jakarta, Nopember 2007
Penulis,





Ade Tri Yuliana







DAFTAR ISI




ABSTRAK i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iv

BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah 1
1.2. Identifikasi Masalah 5
1.3. Pembatasan Masalah 6
1.4. Perumusan Masalah 6
1.5. Tujuan Penelitian 7
1.6. Kegunaan Penelitian 7
1.7. Sistematika Penulisan 8

BAB II LANDASAN TEORI
2.1. Tinjauan Pustaka 10
1. Manajemen Sumber Daya Manusia 10
2. Pelatihan 15
3. Kepemimpinan 24
4. Kinerja Pelayanan 36
2.2. Kerangka Pemikiran 47
2.3. Hipotesis 49

BAB III METODE PENELITIAN
3.1. Tempat dan Waktu Penelitian 50
3.2. Definisi Operasional Variabel 51
3.3. Populasi dan Teknik Pengambilan Sampel 53
3.4. Metode Pengumpulan Data 54
3.5. Teknik Analisa Data 57

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1. Pelaksanaan Pelatihan Pada
PT. Asuransi Bintang Tbk 60

4.2. Pelaksanaan Kepemimpinan Pada
PT. Asuransi Bintang Tbk 63

4.3. Peningkatan Kinerja Pelayanan Pada
PT. Asuransi Bintang Tbk 68

4.4. Deskripsi Data Hasil Penelitian 70

4.5. Analisis Hubungan Pelatihan dan Kepemimpinan
dengan Kinerja Pelayanan Pada
PT. Asuransi Bintang Tbk 76

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
5.1. Kesimpulan 85
5.2. Saran 86


DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN









SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI
INTERNATIONAL GOLDEN INSTITUTE














T E S I S



ANALISIS HUBUNGAN PELATIHAN DAN KEPEMIMPINAN DENGAN KINERJA PELAYANAN PADA PT. ASURANSI BINTANG TBK




OLEH :

ADE TRI YULIANA








SEBAGAI SALAH SATU SYARAT UNTUK MENCAPAI GELAR
MAGISTER MANAJEMEN (S-2)
2004
TANDA PERSETUJUAN TESIS


NAMA : Amisbudina
NPM :
KONSENTRASI : Manajemen Sumber Daya Manusia

JUDUL TESIS : Analisis Hubungan Pelatihan dan Kepemimpinan dengan Kinerja Pelayanan Pada PT. Asuransi Bintang Tbk.

Pembimbing Utama Pembimbing Teknis


(DR. John W. Limbong, Ph. D) (DR. Ir. Purwanto, PS, MM)


DIREKTUR




(DR. John W. Limbong, Ph. D)





SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI
INTERNATIONAL GOLDEN INSTITUTE
JAKARTA
2007
Telah disetujui dan diterima dengan baik oleh team penguji thesis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi International Golden Institute, guna memenuhi syarat-syarat untuk memperoleh gelar Magister Manajemen (S-2).


Jakarta, Nopember 2004
Team Penguji Tesis



1. DR. John W. Limbong, Ph. D ( )
Direktur/Ketua


2. …………………………………… ( )
Sekretaris


3. …………………………………… ( )
Anggota

Tidak ada komentar: