Rabu, 31 Oktober 2007

Grand Hyatt

BAB I
PENDAHULUAN

I. Latar Belakang Penulisan
Suatu kebanggaan dan kesenangan yang tinggi dapat bergabung di sebuah hotel yang megah yaitu Grand Hyatt Jakarta ini. Perusahaan yang memberikan suatu perhatian yang besar kepada semua para karyawan yang bekerja di hotel ini.
Industri Pariwisata adalah salah satu sumber penguasaan objek yang telah berkembang dan maju pesat di Indonesia. Sehingga dunia pariwisata mempunyai daya tarik wisata kepada para wisatawan asing di dunia. Dan serta usaha-usaha yang berkaitan di bidanganya adalah di bidang perhotelan.
Menurut No. Pm 10/PW301/PhB77 bahwa Hotel adalah suatu akomodasi yang menyediakan berbagai pelayanan,serta fasilitas - fasilitas didalamnya yang dikelola secara komersil.
Pariwisata sangat berkembang dengan adanya sarana,objek wisata,travel agent, bar dan restaurant. Serta menyediakan suatu akomodasi khususnya pada pelayanan kamar yang paling penting. Karena, pelayanan kamar merupakan sumber penghasilan dari sebuah hotel begitu juga dengan kebersihan hotel tersebut yang sangat berpengaruh sekali kepada para tamu yang menginap di hotel tersebut.








BAB II
LANDASAN TEORI


1. Sejarah Berdirinya Hyatt International.
Tahun 1987 adalah awal dari berdirinya Hyatt International yang pada selanjutnya selalu melangkah maju pesat dan kreatif. Dan perusahaan ini dipegang oleh seorang pengusaha yang berkebangsaan Amerika Mr. Jay Pritzker. Pada awalnya dia membeli sebuah Hyatt House dari seorang pengusaha yang bernama Mr. Hyatt Vandehn.
Pada tahun 1967 Mr. Jay Pritzker membangun hotel megah yang bernama Hotel Hyatt Regency Atlanta. Keisimewaan dari Hyatt Regency Atlanta ini adalah terletak pada atrium lobynya yang bertingkat 20 dan yang sangat menakjubkan dan menggemparkan dunia perhotelan pada saat itu serta membuka lembaran baru dalam dunia arsitektur bangunan hotel di masa itu.
Pada tahun 1969 Hyatt mulai melakukan ekpansi usahanya ke Asia Pasifik. Seiring dengan bukanya Hyatt Regency Hongkong. Dan pada saat itu juga Hyatt di bagi menjadi dua:
1) Hyatt Hotels cooperation
Yaitu management yang mengelola semua hotel-hotel Hyatt yang berada di kawasan Amerika,Canada dan Karibia, Dan dipimpin oleh Mr. Scott Miller.
2) Hyatt International Corporation.
Yaitu management yang mengelola hotel-hotel Hyatt yang berada diluar ketiga kawasan diatas. Dan dipimpin oleh Mr. Bernd Chorengel.

1.2. Hotel Grand Hyatt Jakarta Indonesia
Perkembangan Hyatt di Indonesia adalah bukti nyata dari pesatnya perkembangan Hyatt International.Sejak tahun 1973 telah berdiri 7 Hyatt di Indonesia Yaitu :

ESTABLISHMENT GRAND OPENING
1. Bali Hyatt
2. Hotel Aryaduta Jakarta
3. Hyatt Regency Surabaya
4. Grand Hyatt Bali
5. Grand Hyatt Jakarta (area office)
6. Hyatt Regency Bandung
7. Hyatt Regency Yogyakarta 14 November 1973
01 January 1976
30 Mei 1979
05 Mei 1991
23 Juli 1997
8 Agustus 1997
17 October 1997


1.3. Grand Hyatt Jakarta
Hotel Grand Hyatt Jakarta di bangun pada tahun 1991 ,merupakan hotel yang megah bertaraf International berbintang lima berlian. Terletak didaerah distrik bisnis paling strategis di Jakarta. Grand Hyatt Jakarta merupakan bagian menonjol dari kompleks pertokoan yang megah di plaza Indonesia.
Grand Hyatt Jakarta dimiliki oleh PT. Plaza Indonesia Realty sebagai pemegang saham perusahaan. Lambang dari Hyatt adalah matahari yang berwarna keemasan yang melambangkan bahwa semua Hyatt didunia melayani semua tamu-tamunya dari matahari terbit sampai terbenam.
Bangunan hotel Grand Hyatt Jakarta didesain dengan gaya Eropa dan menjadi tampak lebih eksklusif, mewah dan tampak lebih megah.Hemut-Obata dan Kassebaum adalah arsitektur professional yang membangun hotel Grand Hyatt Jakarta. Sedangkan Interior yang mengagumkan dikerjakan oleh Hirsch Bedner dan Associates.
Hotel Grand Hyatt Jakarta merupakan hotel bisnis yang sebagian besar tamunya adalah tamu-tamu yang ingin melakukan hubungan bisnis baik itu hubungan dalam negeri maupun luar negeri.Tidak sedikit tamu yang banyak melakukan pertemuan bisnis di Hotel Hyatt Jakarta.
Semua tamu yang menginap di Hotel Grand Hyatt Jakarta selalu dilayani dengan baik dan fasilitas yang memuaskan dan bagi setiap pelanggan atau tamu yang sering menginap di hotel Grand Hyatt Jakarta mendapatkan perhatian lebih dan khusus.
Tamu Grand Hyatt Jakarta akan mendapatkan pelayanan yang professional,pelayanan yang individu, dan Hotel Grand Hyatt Jakarta memiliki slogan yaitu Hyatt Touch atau sentuhan dari Grand Hyatt Jakarta artinya sentuhan atau perhatian khusus dari semua karyawan hotel Grand Hyatt Jakarta.

1.4. Sarana dan Fasilitas yang ada di Hotel
Hotel Grand Hyatt Jakarta yang bertaraf International berbintang lima dengan berlian memiliki banyak fasilitas yang menunjang dan dapat menambah pendapatan hotel dan juga dapat memenuhi segala kebutuhan tamu selain pelayanan dalam bidang jasa yang diberikan karyawan.Sarana dan fasilitas yang terdapat di Hotel Grand Hyatt Jakarta. Hotel Grand Hyatt Jakarta memiliki operasional sebanyak 428 kamar yang terbagi atas :
• 290 Grand King dengan 95 no smoking
• 83 Regency King dengan 52 no smoking
• 13 Regency Twins
• 18 Executive Suites
• 15 New Apartment
• 2 Grand Suites
• 2 Penthouse Suite with terrace

1.5. Sarana dan Fasilitas Bar dan Restaurant
Ada beberapa restoran dan bar di Hotel Grand Hyatt Yaitu :
• Grand Café
Restoran ini terdapat di lantai tiga atau lobi hotel Restoran bergaya eropa dengan kapasitas tempat duduk untuk 214 buah bangku dengan penyajian makanan dengan cara prasmanan, Untuk makan pagi dari pukul 06:00 sampai pukul 11:30, makan siang dari pukul 12:00 sampai pukul 17:30, dan untuk makan malam dari pukul 18:30 sampai pukul 11:00. Grand Café memiliki lima buah konter yaitu salad bar counter, hot food counter, dessert counter, ice cream & waffle counter dan daily special counter atau dapat di sebut juga dengan konter untuk makanan istimewa setiap harinya.Grand café juga mempunyai acara khusus yaitu acara promosi makanan yang diadakan pada setiap bulan Maret,April, Mei, dan bulan Juni.
• Fountain Lounge
Restoran yang bergaya santai menggunakan cara penyajian continental breakfast, makanan kecil sepanjang hari juga tersedia prasmanan. Restoran ini menyajikan lagu –lagu klasik yang dimainkan secara langsung dan dengan pemandangan yang sangat indah karena dapat menikmati pemandangan kesibukan daerah bisnis di kota Jakarta dan akan lebih indah lagi kalau kita menikmatinya di malam hari dengan terlihat keindahan lampu-lampu kota yang berwarna-warni menghiasi kota Jakarta. Kapasitas yang terdapat pada restoran ini adalah 132 buah tempat duduk, jam buka dari pukul 08:00 sampai pukul 01:00 malam.Di fountain longe tersedia 20 macam spesial teh, 10 macam special kopi dan pada bulan Mei selalu diadakan promosi vinnese pastry.
• Seafood Terrace
Restoran ini bergaya Bali yang letaknya di samping kolam renang lantai lima dari hotel Grand Hyatt Jakarta. Restoran ini memiliki dua tempat, di dalam ruangan dan yang berada di luar ruangan. Kapasitas restoran Seafood Terrate ini adalah 92 buah tempat duduk dan terbuka untuk umum pada hari Sabtu dan Minggu, Jam buka dari Seafood Terrace Restoran adalah dari pukul 12:00 sampai 23:00 WIB.
• Sumire Restoran
Restoran ini bergaya Jepang dengan tata ruang dan makanan berciri khas Jepang. Kapasitas tempat duduk 143 buah. Sumire restoran memiliki 4 buah ruangan Tatami yang diambil dari nama-nama bunga di Jepang. Empat ruangan tersebut adalah : Sakura, Ayame, Yuri dan Kiku yang trap-trap ruanganya menampung 8 orang tamu.
• Lamoda
Restoran ini terletak di atrium plaza Indonesia dibawah naungan F&B department hotel Grand Hyatt Jakarta. Dengan hiburan live Musik, dan hidangan makanan kecil yang disediakan di tempat yang nyaman.
• Grand club
Fasilitas yang digunakan oleh tamu yang menginap dikamar yang suite yang terletak di lantai 18 – 26.
• Club Olympus
Club Olympus adalah fasilitas kebugaran yang lengkap dan serba canggih . semua fasilitas itu disedikan hanya untuk tamu Hotel Grand Haytt Jakarta yang terletak di lantai 5 .
Dan fasilitas – fasilitas lain yang dapat digunakan oleh tamu adalah :
A. Bisnis center
Bisnis center adalah fasilitas yang dapat digunakan oleh tamu yang mempunyai kegiatan bisnis dan kagiatan lainnya yang berhubungan dengan peralatan seperti ruangan untuk pertemuan kecil , computer yang dilengkapi dengan jaringan internet, faxes, documentation, dan secretarial service.
B. Room sevice
Room service adalah pelayanan 24 jam yang menyajikan hidangan tamu kedalam kamar, berdasarkan door knob menu atau telepon.
C. Banquet service / fuction room
Level 2 theater Class room u- shape Board room Dinner/ buffet cocktail Hollow square
Grand ball room 700 300 140 - 450/350 600 -
Pre function - -
- - - 600 -
Ball room A 200 100 60 50 100/130 150 60
Ball room B 200 100 60 50 100/130 150 60
Ball room C 200 100 60 50 100/130 150 60
Rinjani 40 30 20 24 30/40 40 20
Bromo 75 40 30 30 50/60 75 30
Krakatau 1 30 15 16 16 20 30 16
Krakatau 2 30 15 16 16 20 30 16
Krakatau 3 30 60 16 16 20 30 36
Krakatau 1+2+3 100 - 36 - 70/80 130 -
Merapi - - - 14 - - -
Agung - - - - - - -
Arjuna - - - - - -

Fasilitas lainnya yang ada di Grand Hyatt Jakarta :
1. valet parking dan car park
2. taxi dan limousine service
3. 24 jam laundry dan dry cleaning
4. drug storetrave agent
5. galeri Grand Hyatt
6. baby sitter
7. flower shop
8. clinic
9. daily newspaper
10. money changer

LINEN
Linen adalah bagian dari housekeeping yang menangani masalah sirkulasi yang berhubungan dengan uniform karyawan di Grand Hyatt Jakarata. Tanggungjawab dari linen adalah memberikan laporan mengenai masalah jumlah pakaian yang layak pakai dan yang seharusnya sudah di ganti dengan yang baru .
Setiap enam bulan sekali linen mengadakan pemeriksaan mengenai jumlah dari parkstock. Dan pemeriksaan ini diawasi oleh Manager housekeeping , accounting, dan juga serikat pekerja. Tugas linen yang lain adalah menyediakan semua sarana berupa uniform dan linen yang dibutuhkan oleh karyawan baik itu mengenai masalah seragam , linen untuk di kamar ,dan juga linen f & b.

Prosedur kerja di linen
• mengambil pemesanan seragam sesuai dengan no ID yang di sebutkan oleh karyawan.
• Memasukkan pakaian yang bersih kedalam rollpack
• Mengambil pakaian kotor karyawan dan memasukkannya kedalam trolley
• Prepare apron dan face towel
• Menghitung napkin berdasarkan kebutuhan / permintaan dari outlet – outlet.

Jenis – jenis linen :
1. Coaster - apron
2. Cocktail - table cloth
3. Napkin - bed sheet king
4. Round tray mat - bed sheet twin
5. Tray mat - duvets cover twin
6. Place mat - duvest cover king
7. Glass cloth -pillow case
8. Kitchen towel
Jenis –jenis towel
 Bath sheet towel - face towel
 Bath robe - Bath mat
 Hand towel - ring towel
 Face towel - oshibori

Jenis –jenis towel :
• Kitchen uniform - Engenering uniform
• Steward uniform - Housekeeping uniform
• Front office uniform - Grand café uniform
• Business centre uniform - banquet uniform
• Olympus uniform - Satpan dan security unifprm
• Sumire uniform - cs’ uniform
• Lamoda uniform
• Burgundy uniform
• Fountain lounge uniform


PENUTUP

1. Kesimpulan
1. Dalam melaksanakan pekerjaan kita harus mengikuti standart dari atasan dan hotel itu sendiri. Dan kita sebagai pekerja tidak dapat menyelesaikan pekerjaan kita dengan baik jika kita tidak mengikuti standart karja.
2. Ketetapan housekeeping laundry ateendant adalah dapat menggunakan semua peralatan yang ada di laundry .
3. Housekeeping department merupakan salah satu bagian yang mendatangkan pemasukkam utama hotel. Terutama dari penjualan kamar / penyewaan kamar.
2. Saran
Selama penulis menjalani Praktek Kerja Nyata yang dilakukan di Hotel Grand Hyatt Jakarta ini, penulis ingin memohon izin untuk memberikan masukan kepada Housekeeping Laundry Departemant, antara lain
 Kedisiplinan karyawan/staff harus lebih ditingkatkan kembali
 Kejujuran para staff dalam bekerja
 Menjaga dan merawat semua fasilitas serta bahan-bahan pembersih yang digunakan di Hotel Grand Hyatt Jakarta
 Memberikan penyuluhan bagi karyawan agar mengikuti standart kerja di Hotel Grand Hyatt Jakarta
 Menjaga komunikasi dan hubungan yang baik sesama karyawan Hotel Grand Hyatt Jakarta
3. Kesan
Selama 3 bulan penulis melakukan Praktek Kerja Nyata di Grand Hyatt Jakarta penulis merasa senang akan pelayanan yang diberikan para staff dan pimpinan kepada para trainee khususnya penulis.``

CHEMICAL LAUNDRY
ECOLAB PRODUCT


NAMA PRODUK
KEGUNAAN
PERBANDINGAN
BUILDER C Concentrate laundry alkali Fungsinya : untuk mengendurkan serat kain dan mengeluarkan kotoran (jenis kotaran yang keras) Jarang digunakan untuk pakaian tamu tapi lebih banyak untuk linen dan towel


4-12 ml/kg kain
DETERGEN MP Multipurpose concentrated loundry detergent
2-6 ml/kg kain
CONDITIONER Concentrade laundry detergent additive
Fungsinya : untuk menetralisir air dari kotoran seperti (debu/tanah)
0.6 – 3 ml/kg kain
DESTAINER Concentrade laundry laoundry chlorine bleach
Fungsinya : untuk pemutih khusus pada bahan yang putih
2 - 6 ml/kg kain
OXYBRITE Concentrated laundry oxygen bleach
Fungsinya : untuk pemutih dan pencemerlang pakaian (baik untuk bahan berwarna yang kuat)

1.5 – 3.5 ml/kg kain
SOUR PLUS Fungsinya : untuk menetralisir air dari karat (seperti karat besi)
0.5 – gr/liter air
STARCH
LAUNDRY General purpose powdered laundry starch
0.5 – 1.5 gr/kg cucian
SOFTENIT PLUS Laundry softener
Fungsinya : untuk pelembut dan pewangi pakaian
0.5 – 1.5 gr/kg cucian
SERICOL Detergen booster
Fungsinya : untuk mengangkat lemak/minyak dari pakaian
1-4 ml/kg cucian

Tidak ada komentar: